BENDUNGAN TUKUL BESUK MULAI DI TENGGELAMI. - PACITANPOST

Selasa, 29 September 2020

BENDUNGAN TUKUL BESUK MULAI DI TENGGELAMI.

                                       (  Foto Fantasi )    
Pacitan Ppos 30.09.020.
Jika tidak ada aral  melintang , kamis  besuk (01/10)  Bendungan Tukul yang terletak di Desa Karang Gede Arjosari Kabupaten Pacitan mulai akan ditenggelami /dialiri air di sungai diatasnya.

Menurut rencana Serimonial pelaksanaan Impounding Bendungan Tukul akan dihadiri Gubernur Jawa Timur Kofifah Indar Pawarangsa ,  Pejabat setingkat Menteri Kementrian Pekerjaan Umum Jakarta , Bupati Pacitan dan undangan VVIV yang lain.

Bahan baku pengisian air Bendungan yang berasal dari sumber mata air Gunung Gembes Kecamatan Bandar  dan melewati banyak desa seperti Tokawi , Penggung , Pakis Baru dan sebagainya itu akan dibuka sekitar pukul 09. 00 Wib oleh Gubernur Jawa Timur Kofifah Indar Pawarangsa.

( Bendunga Tukul sudah selesai dibangun)

Bupati  Indartato dalam siaran Persnya, merasa lega diakhir masa jabatanya sebagai Bupati Pacitan ada satu proyek besar berskala Nasional yang siap dioperasikan , Pria yang cukup supel dengan warganya ini berpesan agar Bendungan Tukul yang menelan anggaran hampir 1 Trilyun ini dapat dimanfaatkan sebaik baiknya oleh warga sekitar 

Bupati menambahkan , rencananya air bendungan akan dimanfaatkan untuk kepentingan Air Bersih dan obyek wisata yang akan disinergikan dengan kawasan wisata Air Panas Tirto Husodo desa Karang Rejo Arjosari yang kebetulan satu jalur dengan Waduk Tukul.

Sementara itu, Yoga  salah satu Pimpinan Proyek yang mengerjakan Bendungan Tukul mengaku ,  merasa senang bahwa akhirnya waduk yang dikerjakan oleh PT Brantas Abi Praya sudah bisa di aliri air dari sungai diatasnya, insya Allah Bendungan akan terisi penuh berkisar 5 bulan dengan cuaca normal.

Perlu diketahui , penantian panjang adanya obyek Wisata Bendungan Tukul sangat dinanti Warga Wilayah Arjosari, menurut Sediono atas nama warga  sangat mengapresiai telah selesainya pembangunan waduk tukul ini dan semoga warga  Arjosari dan sekitarnya akan semakin meningkat ekonimi dan taraf hidupnya 

Hanya saja Sediono yang juga mantan Wartawan Pacitan Post ini berpesan, agar besuk pengelolaan Bedungan Tukul harap operasikan degan sungguh sungguh , saya kira Peran Desa ,  Kecamatan ,  Pemda  Pacitan sangat diperlukan , ujar Pria yang juga anggota Komisi IV DPRD Pacitan.

Seperti diketahui , Bendungan Tukul  adalah Bendungan Pengganti dari rencana Bendungan sebelumnya yang gagal di Desa Kedung Bendo Tegalombo , namun atas kesabaran dan keuletan Bupati Indartato dan Tokoh setempat (Djumingan) dalam mencari pengganti area Waduk,  maka di dapatlah satu area bendungan disebuah desa di Karang Gede Kecamatan Arjosari. .( Gustik)








     

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda