KKN DITENGAH PANDEMI ANTARA KEPUASAN DAN DARMA BHAKTI. - PACITANPOST

Rabu, 25 Agustus 2021

KKN DITENGAH PANDEMI ANTARA KEPUASAN DAN DARMA BHAKTI.

Ersi Ayu Dianingrum diantara siswa Bimbingan belajarnya di  dusun Waru desa Karang Anyar Kebonagung Pacitan.

Pacitan Ppos.26.08.021.
Ditengah Pandemi Covid 19 yang belum reda, Ersi Ayu Dianingrum mahasiswi Universitas Veteran Bantara Sukoharjo justru tertarik melakukan study Lapangan (KKN) di Desa Karang Anyar Kecamatan Kebonagung Pacitan.

Ayu demikian Gadis ini biasa dipanggil ,  memilih kegiatan KKN nya  yang berwawasan pendidikan , karena Ayu melihat  siswa/i sekolah dalam pandemi ini yang paling terdampak , yakni , terdampak pola pikirnya , terdampak perilakunya dan juga terdampak masa depannya .

Berangkat dari masalah tersebut , Ayu bertekad ingin mendarma baktikan sebagian hidupnya untuk ikut sedikit memberikan solusi bagi siswa siswi yang terdampak pandemi, yaitu dengan jalan melakukan Bimbingan belajar (KBM) bagi anak anak SD , Adapun lokasi daerah yang dipilih yaitu di dusun Waru Rt.02/03 Desa Karang Anyar Kecamatan Kebonangung Kabupaten Pacitan.

Dalam pelaksanaan , Ayu merasa  bangga dan terharu  anak anak di desanya begitu antusias mengikuti proses kegiatan  yang ia laksanakan ,sekalipun singkat tapi cukup membuat anak anak senang ,  mungkin dampak dari lamanya tidak masuk sekolah itu ,  gurau Mahasiswi  Fakultas Pertanian jurusan Peternakan tersebut.

Kegiatan KKN  Mahasiswa yang ada didusun Waru , banyak diapresiasi warga sekitar , melalui kasun Waru Sunarto  mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Mahasiswi di dusunnya , pasalnya selama pamdemi kebanyakan orang tua didesa sibuk mencari kebutuhan hidup,sehingga tidak sempat membimbing anak anak belajar , terimakasih  mbak Ersy ujar pak Kasun.

Bahkan tidak Perangkat  desa saja yang bangga , Bupati Pacitanpun ikut bangga jika ada mahasiswa KKN  ditengah pandemi seperti ini di bumi Pacitan,  paling tidak , aksi KKN mahasiswa  tersebut  sebagai pembelajaran  hidup bermasyarakat yang sesungguhnya, terang Bupati disatu tempat KKN lain di Pacitan.

Saking menikmatinya kegiatan KKN disebuah desa terpencil tersebut semua seolah terasa indah , Ayu berjanji , suatu saat akan kembali mendarma bhaktikan hidupnya dengan ilmu yang dimiliki dari tempat ia menimba ilmu di Universitas Veteran Bantara Sukoharjo.
Sekalipun, darma bakti kelak  tidak harus disuatu desa yang sama , yang penting  masih bumi Indonesia,  kelakar Ayu sumringah.

Kemudian pada kesempatan ini Ayu tidak lupa mengucapkan terima kasih pada dosen pembimbingnya (DPL) Ir.Sri Sukaryani M.S.i yang selalu mengarahkan pada kegiatan KKN  yang  Insya Allah dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2021  sampai pada 30 September 2021 .

Tidak lupa , Ayu sebagai bagian dari  Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo juga mengucapkan terima kasih sudah diberi kesempatan mengikuti KKN.(T1 2021 )  Kelompok I Program Pemberdayaan dan Pengembangan Potensi desa ditengah Pandemi Covid 19.

Mudah mudahan pada tahun tahun mendatang Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo lebih banyak lagi menerjunkan Mahasiswanya dalam program KKN  didesa tempat ia melaksanakan kegiatan study ( KKN)  saat ini...( tim)








Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda