RAMALAN BMKG SEMOGA TIDAK DIGUBRIS ALLAH...! - PACITANPOST

Minggu, 12 September 2021

RAMALAN BMKG SEMOGA TIDAK DIGUBRIS ALLAH...!


Pacitan Ppos.13.09.021.
Sudah puluhan bahkan ratusan kali Pacitan diramal / potensi akan ada Gempa, Tsunami dan badai besar melanda pesisir selatan pulau jawa,  termasuk Pacitan.

Namun demikian  potensi / ramalan Badan Meteorologi , Klimatologi dan Geofisika tersebut tidak terbukti , seandainya terbuktipun jauh dari ramalan  BMKG.
Misalnya akan ada badai besar , ternyata angin sedang , akan ada hujan lebat ternyata hujan rintik rintik dan sebagainya.

Badan Negara yang dibiayai hingga trilyunan Rupiah itu  memang tidak salah, karena tugasnya mempelajari dan mendeteksi adanya  kondisi alam ditanah Air,. Jadi papun , yang mereka ramal dan rakyat hingga pejabat manut manut saja..

Bahkan kemarin lusa , akibat potensi/ ramalan BMKG Menteri Sosial Tri Rismaharini datang ke pacitan untuk sidak jalur Evakuasi jika terjadi bencana , konon sesuai ramalan BMKG  maka daerah Pacitan dan sekitarnya berpotensi akan terjadi Gempa besar dan Tsunami setinggi 28 meter.

Sekalipun itu hanyalah sebuah potensi/ ramalan ,  ternyata cukup membuat heboh masyarakat Pacitan dan daerah sekitarnya. , Repotnya lagi ,  ramalan Gempa dan dan Tsunami muncul ditengah ketakutan masyarakat akibat pandemi covid 19 yang berkepanjangan.

Menurut data WHO,  hingga  saat ini ada sekitar 4.6 juta orang diseluruh dunia yang meninggal akibat Corona . Virus berbahaya ini datang , tanpa diundang dan datang tanpa diramal siapapun, kecuali kehendak Allah itu sendiri .

Kemudian sikap kita bagaimana , terhadap ramalan ramalan BKMG yang seolah menjurus kesebuah kepastian ?.Sebagai bangsa yang tunduk ke istrumen yang dibentuk negara tentu kita wajib patuh dan percaya . Hanya saja , kita jangan panik tetapi tetap waspada seperti yang diajarkan Allah menghadapi cobaan covid 19 yang datang tiba tiba,kita tidak panik tetapi tetep Prokes.

Hanya saja jika kami boleh mengkritik, ramalan ramalan (potensi) BMKG yang kebetulan selama ini sering mleset , hendaknya jadi pelajaran bagi BMKG agar dalam memberitakan segala ramalanya tidak dikemas BOMBASTIS , tapi diganti kemasan berita  biasa saja.

Kemasan bombastis tanpa bukti , hanya akan membuat warga panik, uang negara terkuras habis dan membuat pemimpin sibuk memikirkan sesuatu yang belum pasti, karena kepastian itu hanya milik Allah semata.

Bu menteri wira wiri boleh , pak Bupati wira wiri juga boleh , tapi untuk mengadapai ramalan BMKG diperlukan sebuah kebijakan yang matang  dan tepat.
Mempersiapkan jalur evakuasi  penting ,  namun ada yang lebih penting lagi dari sekedar itu , yaitu pelampung.

Hendaknya program pemerintah  kedepan membagikan Pelampung grstis kepada seluruh warga Pacitan khususnya didaerah dataran rendah sesuai jangkauan ramalan  tsunami setinggi 28 M.

Mengapa harus pelampung..?  karena jika ramalan BMKG itu benar , diperkirakan gelombang setinggi 28 M itu bakal menyapu seluruh dataran rendah kota Pacitan dan disaat itulah pelampung sangat diperlukan warga ,  tidak Pacitan saja , mungkin seluruh dataran rendah selatan Pulau jawa warga membutuhkan itu....

Setidaknya dengan adanya pelampung, kemungkinan nyawa masih ada yang bisa tertolong,  sekalipun tidak semuanya .
Doa kita sekarang , mudah mudahan ramalan BMKG Mbleset seperti biasanya , dan Allah menjaga bumi ini dengan Kuasanya.

Ada dan tidak ada bencana tergantung manusia dalam mengelola bumi yang diberikan Allah , sudahkah kita semua menjadi  orang orang yang pandai bersyukur .Atau sebaliknya , kita termasuk bagian atau golongan orang orang yang merusak bumi , seperti kata malaikat ketika Allah pertama kali akan mencipakan Adam.

Kata malaikat ...!
Wahai Tuhanku mengapa engkau akan mencipatakan manusia dimuka bumi ,manusia yang akan menumpahkan darah dan merusak bumi , sedang aku selalu  menjaganya dan selalu bertasbih kepada Mu.......Qs , Al Baqarah ayat 30.

Ditulis Gustik Pemimpin Redaksi Pacitan post Group  yang merasa prihatin akan ramalan ramalan BMKG yang kadang Bombastis dan berlebihan , seolah melebihi kuasa Allah SWT...semoga ramalan ramalan buruk itu tidak digubris Allah Swt ,namun kita tetep waspada...(gustik)


 

























Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda