PACITAN PINGIN SEPERTI BALI..MUDAH ITU MAH !..CUMA DINAS LAIN APA SARUJUK..? - PACITANPOST

Rabu, 27 Oktober 2021

PACITAN PINGIN SEPERTI BALI..MUDAH ITU MAH !..CUMA DINAS LAIN APA SARUJUK..?

Keindahan Pantai Watu Karung Pacitan tiada tara , padahal masih ada Pantai Klayar, Soge dll......,...... ( foto by model)

Pacitan Ppos.28.10.021.
Sebenarnya mewujudkan mimpi Pacitan seperti Bali itu mudah , tinggal mau atau tidak jika APBD Pacitan   sebagian besar difokuskan ke Wisata , tentu tidak mungkin.

Selama ini pembagian APBD berdasarkan program yang diajukan Dinas yang ada di lingkungan Pemkab, terlepas program yang diajukan itu  awu awu atau tidak potensial  sebagai pendulang PAD Pacitan , tetep saja lolos.

Kenapa harus Wisata yang digenjot jika ingin Pacitan segera makmur, jujur hanya obyek wisata yang menjanjikan kota ini menuju Go Internasional , selebihnya  biasa saja alias tidak berpotensi menuju kemakmuran rakyat Pacitan.

Presiden SBY terkagum kagum dengan keindahan Goa Gong yang tercatat sebagai Goa terindah di Asia ini.....( Foto dok)

Sebenarnya Kans Pacitan lebih hebat dari Bali sangat besar yakni antara tahun 2004 sampai tahun 2014 , sayang momen itu tidak dimanfaatkan secara baik oleh Pejabat pejabat Pacitan waktu itu.

Para Pejabat  ketika itu minim ide dan tidak punya konsep yang matang tentang Prospektifitas Pariwisata , mereka malah terlalu eforia gemerlap SBY jadi Presiden , namun tidak bisa memanfaatkan SBY adalah  Presiden Asal Pacitan.

Jelajah Sungai Maron yang cukup spektakuler, dengan sampan kecil sungai ini bisa dilayari sekitar 1 jam menuju Pasir Hitam Ngiroboyo......( Foto dok)

sekedar pembanding saja , Pulau Bali yang selama ini disebut Surganya para pelancong hanya mengandalkan Indahnya Pantai yang tidak seberapa bagus jika dibanding Pacitan.
Yang membuat Bali itu lebih , Sebenarnya hanya ditopang dengan Budaya religinya yang banyak macam ritual.

Bali tidak punya Goa terbaik Asia..
Bali tidak punya Air Panas dengan kwalitas air terbaik.
Bali tidak punya obyek jelajah sungai yang spektakuler.
Bali tidak punya Pondok Pesantren Tertua di indonesia.
Dan Bali tidak punya Goa Bawah tanah yang panjangnya puluhan kilo meter ..dan lain lain..
Pendek kata ! Pacitan itu punya obyek wisata 9 tempat yang berbeda beda dan kelebihan itu yang punya hanya Pacitan.

Pondok Termas Pacitan adalah termasuk Pondok tertua di Indonesia yang telah banyak melahirkan ulama besar berpengaruh di Timur Tengah seperti KH Attarmazi.

Dengan Proyeksi 9 obyek wisata seperti yang penulis sajikan , maka dipastikan tidak akan ditemui didaerah lain di seluruh wilayah Indonesia sekalipun.

Pertanyaannya ..?
Mampukah pasangan Bupati terpilih Nyawiji Sumrambah meyakinkan Presiden atau minimal lewat Sandiaga, bahwa Pacitan akan lebih dari Bali...? Materi obyek lengkap ..nunggu apalagi  bos...!

Jjka dua pimpinan lintas Partai ini, tidak ada keberanian menyakinkan Pemerintah Pusat , maka tangeh lamun Pacitan akan bisa lebih didepan...

Air Panas Tirto Husodo Pacitan punya kwalitas air belerang terbaik di Indonesia.

Memang repot , Dinas lain dipangkas bengak bengok, tidak dipangkas banyak program  yang tidak sesuai tuntutan Jaman.
Penulis pernah heran , ada satu Kantor yang pagarnya terlihat mewah dan dibangun baru sekitar 5 tahun.
Memasuki anggaran tahun 2019 pagar yang keren tersebut tiba tiba dibongkar dan diganti dengan pagar yang lebih buruk dari sisi desain dan kwalitas...aneh memang negeri ini...uang rakyat dibuat main main....( Ditulis oleh gustik pemerhati Wisata, Kontraktor dan perancang Pembangunan obyek Wisata Goa Gong dan konseptor taman Halking Pendopo Agung Pacitan...)

Potret Teluk Pacitan dikala mendung....( Foto by model )

Obyek Wisata Monumen Jendral Sidirman



















Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda