PEMKAB DITUDING ENGGAN BANTU PETANI ATASI SERBUAN TIKUS WROK - PACITANPOST

Jumat, 12 November 2021

PEMKAB DITUDING ENGGAN BANTU PETANI ATASI SERBUAN TIKUS WROK


Pacitan Jatim hari ini.
Ribuan tikus Wirok hancurkan semua jenis tanaman milik petani di Hampir semua wilayah Kabupaten Pacitan , akibat dari serbuan tikus wirok tersebut  sudah hampir 1 tahun ini petani di Pacitan  banyak yang gagal panen.

Menurut Rudi Hartoyo, petani sudah beberapa kali minta bantuan ke Pemerintah Kabupaten Pacitan  untuk penanganan serbuan tikus besar yang sering merusak berbagai jenis tanaman  milik petani ,  tapi hingga kini Pemerintah Kabupaten Pacitan  masih belum tergerak hatinya . .

Rudi Hartoyo SE Petani asal desa Nanggungan.

Sebenarnya Para petani tidak muluk muluk minta bantuan dalam jumlah skala besar untuk atasi serbuan tikus. Petani  paham ,  Pemkab Pacitan terbatas punya anggaran, tapi setidak tidaknya ada perhatian teknis berupa penyuluhan atau apa , sehingga petani tidak dibiarkan rugi begitu saja  , ungkap Pria yang juga anggota DPRD Pacitan ini.

Sementara Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji kepada Media mengaku belum dilapori secara detail tentang serbuan tikus tikus besar yang menghancurkan tanaman milik petani oleh Dinas Pertanian Pacitan , coba besuk saya panggilnya pak kadisnya  , sabar dulu ya terang Bupati Pacitan ditengah bermain catur di PCC.

Bupati Pacitan lawan tanding catur di PCC

Perlu dikatahui , Tikus Wirok adalah jenis tikus besar pamakan berbagai jenis  tanaman milik petani , tikus tikus tersebut keluar dari sarang tidak mengenal musim , dimana ada tanaman disitu ada tikus besar.

Biasanya tikus merusak bukan pada isi atau buahnya  saja , tapi  akar , bonggol , dan batangnya juga dilibas  hingga tanaman tersebut ludes dan mati.

Dari pantauan Media , petani lintas desa di wilayah Pacitan sebenarnya sudah berulang kali  melakukan gladak masal / memburu  tikus jahat itu , tapi baru dua atau tiga hari tikus tikus itu keluar lagi merusak tanaman lebih sahsyat lagi...( Gustik)









Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda